Allah Sayang Pada Kita

22 08 2011

[KiSaHKeHiDuPaN] 

Aktivitas umum kita sehari -hari seperti makan, minum, berjalan,
berbicara dan lain – lain, bagi kita bukanlah merupakan suatu yang
istimewa,……apanya
yang istimewa ?  Pada waktu beraktivitas, jarang hinggap dalam pikiran
kita bahwa seluruh gerak dan olah tubuh yang kita lakukan itu dihasilkan
dari suatu proses komplex dalam tubuh yang melibatkan perubahan kimia,
fisika,dan perubahan biologi.

Tubuh merupakan suatu mesin rumit yang istimewa, yang didalamnya
selain bisa kita dapati adanya sumber energi, juga ada cara untuk mengubah
energi
kebentuk listrik dan mekanik serta  cara untuk membuang hasil – hasil
samping mesin tubuh tadi.

Makanan sebagai sumber energi, yang untuk keperluan konversi energi
diproses oleh sistem pencernaan makanan. Pada proses oksidasi ini akan
timbul
kalor yang kita perlukan untuk menjalankan berbagai organ, mempertahankan
suhu tubuh, melakukan usaha luar, dan lain – lain.
Dan pada proses konversi energi, hasil – hasil sampingnya dibuang
antara lain melalui paru – paru, permukaan kulit, faeces dan urin.
Kayaknya  dalam keterangan yang sedikit ini saja, banyak hal yang
tidak kita mengerti, tapi coba lihat, hasil yang kita terima  dari olahan
mesin
tubuh tersebut terasa sangat sempurna.

Atau klo masih ngga percaya, cobalah untuk hal yang  sangat mudah
ini, gerakkanlah ujung telunjuk kita. Pelan – pelan saja…….
Ada ribuan reaksi biokimia dan kolaburasi kerja sama yang apik untuk
suatu gerakan yang kecil ini,  dimulai dengan kemauan dalam diri kita
untuk
mengerakkannya, instruksi oleh otak, kemudian  ada pergerakan
pembuluh darah, dan terakhir ujung  telunjuk yang bergerak.

Itulah kita, makhluk yang diciptakan oleh ALLAH dengan kesempurnaan
yang luar biasa. Baik dari segi fisiologis, kimiawi, maupun matematis.
Melalui proses yang sangat rumit tubuh bukan hanya mampu mendukung kinerja

hidup kita lewat energi yang dihasilkannya, akan tetapi juga mampu secara
sistematis membuang zat-zat berbahaya dalam tubuh yang kiranya sudah
tidak terpakai lagi.

Kalau males memikirkan kerumitan proses tubuh yang tidak kita
mengerti apa itu tadi,  Ndak papa kok,…….
Pikirkanlah saja satu hal ………Bahwa  ALLAH Maha Pengasih dan
Pemurah pada hambanya. DisediakanNya seluruh proses dalam mesin  tubuh
tadi, tanpa
melibatkan kerja kita sebagai insan pemilik. Dan kayaknya kita pun tidak
pernah merasa kerepotan……..

Bisa ngga sih membayangkan kalau seandainya ALLAH memotong proses
dengan tidak menyertakan kemampuan tubuh untuk membuang kelebihan hasil
samping tadi ?
Itu berarti kita harus membuang sendiri zat – zat kelebihan hasil proses
dalam tubuh kita . …..repotkan…….

Betapa besar rahmat dan karunia yang telah ALLAH berikan kepada kita.
Dan atas semua itu ALLAH tidak mengharapkan balasan sedikitpun.
Sewajarnyalah, kita harus  bersyukur kepada ALLAH, dengan memenuhi
permintaan
ALLAH  untuk berbuat sesuai petunjuk-Nya. Hidup hanya berlandaskan dengan
Alqur-an dan Sunnah rasul.

So, hidup seperti Itu berarti no bid’ah, no taklit,  no khurofat, no
sirik, and no tahayul…..sulit memang yuk kita mencoba???
Bagaimana ?
Sudahkah  kita menyayangi ALLAH juga ??

( QS : 13: 7 )
……..Dan jika kita bersyukur pada ALLAH, Niscaya ALLAH akan
menambahkan
nikmatNya. Tapi jika kufur, maka sesungguhnya siksa ALLAH itu sangat
berat.

-farouk-





10 Karakter Pemenang & 10 Karakter Pecundang

22 08 2011

[KiSaHKeHiDuPaN]

10 Karakter Pemenang & 10 Karakter Pecundang.

1). Ketika pemenang melakukan  kesalahan dia berkata  “saya salah!”
Ketika pecundang melakukan kesalahan dia berkata, “ini bukan salah saya!”

2). Pemenang berkata,” saya sudah baik, tapi saya bisa lebih baik lagi!”
Pecundang berkata ,” saya tidak sejelek orang lain!”.

3). Pemenang mencoba belajar dari setiap orang yang lebih biak dari pada dia.
Pecundang selalu mencoba menjatuhkan orang lain.

4). Pemenang berkata,” Mari saya kerjakan ini untuk Anda!”
Pecundang berkata, ” itu bukan pekerjaan saya!”.

5). Pemenang berkata, ” Pasti ada cara lebih baik mengerjakannya!”
Pecundang berkata,” Begitulah biasanya dikerjakan disini!”

6). Pemenang berkata, “ini sulit tapi mungkin!”
Pecundang berkata.”ini mungkin tapi sangat sulit untuk mengerjakan!”.

7). Pemenang selalu mempunyai rencana.
Pecundang selalu cari alasan.

8). Pemenang mempunyai komitmen-komitmen
Pecundang hanya berjanji-janji saja.

9). Pemenang selalu menjadi bagian dari jawaban
Pecundang selalu menjadi bagian dari masalah.

10). Pemenang tuntas memecahkan masalah.
Pecundang selalu tanggung-tanggung & tidak pernah memecahkan masalah.
–WaLlahu’alam bi ash shawwab–

-farouk-





100 TAHUN, 1000 TAHUN, 2000 TAHUN ATAU 3000 TAHUN LAGI ?

21 08 2011

[KiSaHKeHiDuPaN] 100 Tahun, 1000 Tahun,
2000 Tahun atau 3000 Tahun Lagi ?

.:f.amsyari:.

Awan sedikit mendung,
ketika kaki kaki kecil Yani berlari lari gembira
di atas jalanan menyebrangi kawasan lampu merah karet.
baju merahnya yang kebesaran melambai lambai di tiup angin,
tangan kanannya memegang es krim
sambil sesekali mengangkatnya ke mulutnya untuk di cicipi,
sementara tangan kirinya mencengkram ikatan sabuk celana ayahnya.

Yani dan ayahnya memasuki wilayah pemakaman umum karet,
berputar sejenak ke kanan dan kemudian duduk di atas seonggok nisan
“Hj Rajawali binti Muhammad”
“19-10-1905 : 20-01-1965”

“Nak, ini kubur nenekmu
mari kita berdo’a untuk nenekmu”

Yani melihat wajah ayahnya,
lalu menirukan tangan ayahnya yang mengangkat ke atas
dan ikut memejamkan mata seperti ayahnya
dan ia mendengarkan ayahnya berdo’a untuk neneknya ..

“Ayah, nenek waktu meninggal umur 50 tahun ya yah”
Ayahnya mengangguk sembari tersenyum sembari memandang pusara Ibu-nya
“hmm, berarti nenek sudah meninggal 36 tahun ya yah…” kata Yani
berlagak sambil matanya menerawang dan jarinya berhitung.

iya, nenekmu sudah di dalam kubur 36 tahun …
Yani memutar kepalanya, memandang sekeliling,
banyak kuburan di sana, di samping kuburan neneknya
ada kuburan tua berlumut “Muhammad Zaini : 19-02-1882 : 30-01-1910”

“hmm.. kalau yang itu sudah meninggal 91 tahun yang lalu ya yah”
jarinya menunjuk nisan disamping kubur neneknya
sekali lagi ayahnya mengangguk ..
tangannya terangkat mengelus kepala anak satu satunya

“memangnya kenapa ndhuk ?” kata sang ayah menatap teduh mata anaknya
“hmmm, ayah khan semalam bilang, bahwa kalau kita mati, lalu di kubur
dan kita banyak dosanya, kita akan disiksa dineraka ” kata yani
sambil meminta persetujuan ayahnya .. iya kan yah ?

ayahnya tersenyum, “lalu ?”

“iya .. kalau nenek banyak dosanya, berarti nenek sudah disiksa 36
tahun dong yah di kubur ?
kalau nenek banyak pahalanya, berarti sudah 36 tahun nenek senang di
kubur .. ya nggak yah ? ” mata yani berbinar karna bisa menjelaskan
kepada ayahnya pendapatnya.

Ayahnya tersenyum, namun sekilas tampak keningnya berkerut, tampaknya
cemas .. “Iya nak, kamu pintar”

Pulang dari Pemakaman, ayah Yani tampak gelisah di atas sejadahnya,
memikirkan apa yang dikatakan anaknya ..

36 tahun … hingga sekarang …
kalau kiamat datang 100 tahun lagi ,,,,
136 tahun disiksa .. atau bahagia di kubur …

lalu ia menunduk ..
meneteskan air mata ..
kalau ia meninggal ..
lalu banyak dosanya …
lalu kiamat masih 1000 tahun lagi …
berarti ia akan disiksa 1000 tahun ?
innalillaahi wa inna ilaihi rooji’un …

air matanya semakin banyak menetes ..
sanggupkah ia selama itu disiksa ?
iya kalau kiamat 1000 tahun ke depan ..
kalau 2000 tahun lagi ?
kalau 3000 tahun lagi ?
selama itu ia akan disiksa di kubur ..
lalu setelah dikubur ?
bukankah akan lebih parah lagi ?

tahankah ia ?
padahal melihat adegan preman dipukuli massa
di televisi kemarin ia sudah tak tahan ?

Ya Allah …
ia semakin menunduk ..
tangannya terangkat keatas ..
bahunya naik turun tak teratur …
air matanya semakin membanjiri jenggotnya …

Allahumma as aluka khusnul khootimah
berulang kali di bacanya doa itu hingga suaranya serak …
dan ia berhenti sejenak ketika terdengar batuk Yani

dihampirinya Yani yang tertidur di atas dipan bambu…
dibetulkannya selimutnya, dan “plak” ..
seekor nyamuk berada di dahi yani ..

Yani terus tertidur …
tanpa tahu, betapa sang bapak sangat berterima kasih padanya
karena telah menyadarkannya ..
arti sebuah kehidupan …
dan apa yang akan datang di depannya

———
farouk-amsyari





TERIMA KASIH PAK MAYAT (berita kecelakaan ini juga sampe disiarkan ke JTV)

10 08 2011

–f.amsyari–
dari ruang jenazah RS MuhammadiyahLamongan..SENIN 8 AGUSTUS 2011
mbak illa, kepala IPS RSML bilang ada jenazah baru tiba di gedung MA’LA(gedung di RSML banyak dinamai seperti marwah, shofa, ma’la, dll)..

jenazah seorang bapak paruh baya, tukang becak, yang mengalami kecelakaan lalu-lintas. kepalanya terlindas kendaraan besar..saking parahnya kabarnya kepalanya penyok ke samping..gimana kondisi otaknya yah?! beberapa kru IPS (teknisi) dan tukang juga jadi seru memperbincangkannya ketika aku meminta salah satu petugas IPS atau teman untuk mengantarku melihat ke sana. maklum aku belum kenal sama sekali siapa aja petugas di sana yg sedang bertugas…aku berempat dengan teman-teman kampus kan sedang magang sebulan di RSML.. jadi juga agak sungkan untuk ke lokasi yang baru sendiri… karena ga ada yang mau menemani dengan alasan yang klise, akhirnya aku ke sana bersama seorang petugas yang hendak ke rumah genset RS yang kebetulan berdampingan dengan gedung mayat..

saat aku masuk gedung MA’LA, suasana ruang depan sepi..belok kiri hingga kulihat dua orang petugas pria menyiapkan kain kafan..
“jenazahnya sudah dimandikan ya, pak?”tanyaku
“belum..itu dia..”kutengok diruang sebelah.di atas pembaringan untuk memandikan mayat tergolek tubuh seorang bapak biasa…sekilas dalam hati kupikir berlebihan ketakutan para kru IPS tentang gambaran mayat yang ancur kepalanya sampai pipih.. namun begitu kudekati jenazah yang tertutupi hanya selembar kain tersebut(pakaiannya telah digunting dan dilepas untuk memudahkan pengurusan) ada pemandangan lain..

KEPALA JENAZAH TERSEBUT PENYOK DI BAGIAN KANAN SAMPAI MATA KANANNYA DIJAHIT PULA AGAR TIDAK LEPAS.. mengenaskan…mungkin kalo dibikin guyon juga bentuknya mirip MAKHLUK TROLL alias makhluk besar berkepala kecil dan bermata satu..(aduh, keceplosan..maaf banget ya pak jenazah)

daripada hanya memandang… mending ikut bantu-bantu sedikit mandiin jenazah korban traffic accident…kepalanya ancur..dimandiin juga masih netes tuh darah… Ya Allah..ternyata besar Kuasa-Mu dlm mengingatkan hamba-mu yang sering lupa ini… TERNYATA KEMATIAN ITU DEKAT..dan KITA SEMUA ADALAH CAMAT(CALON MAYAT) YANG SIAP ATAO TIDAK KEMATIAN BISA MENJEMPUT KITA …TERMASUK BISA JADI SEBELUM KITA SEMPAT MENDENGAR ADZAN MAGHRIB NANTI…
dari bapak jenazah tersebut ada pelajaran berharga yang tak mungkin terlupa bagi kita, sahabat semua..

hari ini aku jadi dapat teringat seluruh keluarga di surabaya menangis atas kasih saynag mereka yang tak pernah usai dan seluruh teman-teman juga ustad-ustad yang sering aku dzalimi amanahnya terhadapku… astaghfirullahal adzim… aku hanya bisa melayangkan ayat-ayat Qur’an untuk pak jenazah tersebut mengingat buku catatan amal beliau telah ditutup oleh malaikat beberapa saat lalu… barakaLlahu fik wa yasarallahu hayatikum ba’da fid dunya…
(farouk-camat-calon mayat *_*)





hadist seputar Ramadhan

10 08 2011

RasuluLlah SAW bersabda:”Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”(HR. Tirmidzi)

RasuluLlah SAW bersabda:”Barangsiapa yang menolong seorang mukmin dalam beramal kebaikan, maka orang yang menolong tersebut akan mendapatkan pahala semisal pelaku kebaikan tadi. RasuluLlah SAW memberi kabar bahwa orang yang mempersiapkan segala perlengkapan perang bagi orang yang ingin berperang, maka ia akan mendapatkan pahala berperang. Begitu pula orang yang memberi makan buka puasa atau memberi kekuatan melalui konsumsi makanan bagi orang yang berpuasa, maka ia pun mendapatkan pahala berpuasa.” (HR. Thabraniy)





hadist seputar Ramadhan

10 08 2011

RasuluLlah SAW bersabda:”Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”(HR. Tirmidzi)

RasuluLlah SAW bersabda:”Barangsiapa yang menolong seorang mukmin dalam beramal kebaikan, maka orang yang menolong tersebut akan mendapatkan pahala semisal pelaku kebaikan tadi. RasuluLlah SAW memberi kabar bahwa orang yang mempersiapkan segala perlengkapan perang bagi orang yang ingin berperang, maka ia akan mendapatkan pahala berperang. Begitu pula orang yang memberi makan buka puasa atau memberi kekuatan melalui konsumsi makanan bagi orang yang berpuasa, maka ia pun mendapatkan pahala berpuasa.” (HR. Thabraniy)





hadist seputar Ramadhan

10 08 2011

RasuluLlah SAW bersabda:”Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”(HR. Tirmidzi)

RasuluLlah SAW bersabda:”Barangsiapa yang menolong seorang mukmin dalam beramal kebaikan, maka orang yang menolong tersebut akan mendapatkan pahala semisal pelaku kebaikan tadi. RasuluLlah SAW memberi kabar bahwa orang yang mempersiapkan segala perlengkapan perang bagi orang yang ingin berperang, maka ia akan mendapatkan pahala berperang. Begitu pula orang yang memberi makan buka puasa atau memberi kekuatan melalui konsumsi makanan bagi orang yang berpuasa, maka ia pun mendapatkan pahala berpuasa.” (HR. Thabraniy)